Perawatan Kenari “Tektona”

Posted by: admin@tees

Hii Sobat Kicau Mania, kali ini kita akan coba mengenal lebih dekat tentang Kenari “Tektona”, kenari ini muncul pada event B.M.W Master Cup 1 feat Garuda 268 Team di ancol beberapa waktu lalu dengan memperoleh Juara 1 di Kenari Std Umum kelas Garuda dan Juara 3 Kenari Std Umum di kelas F1 Series BMW , ternyata Kenari “Tektona” ini tidak asing lagi didengar oleh sahabat Kenari Mania Khususnya didaerah Jakarta Pusat dan Barat. Ya bagaimana tidak Kenari jenis F1 dengan warna Isabel ini sering muncul di arena Camp Java Roxy, Lapangan Banteng, dan Garuda 268 Team, serta arena seputaran Pusat dan Barat. Nah sobat kicau mania, pemilik dari Kenari “Tektona” ini tidak lain adalah Om Iwan pemilik dari www.tokoburungonline.com kenari “Tektona” ini kerap kali dibawanya baik dengan team ataupun bersama keluarga.

IMG_8779 v2
Om Iwan bersama Kenari “Tektona”

Om iwan mendapat kenari “Tektona” ini dari hasil ternakan sahabatnya sesama pemain kenari yaitu Om Arno yang tinggal di daerah Tanah Abang Jak-Pus. “Tektona” sendiri sudah terlihat prosfek sekitar umur 6 bulan, tetapi om iwan tidak pernah mengajak “Tektona” ataupun mengenalkan “Tektona” kelapangan-lapangan. Nahh setelah umurnya mapan barulah om Iwan mencoba membawa “Tektona” kelapangan, alhasil “Tektona” mau bekerja secara maksimal, raihan juara pun didapatnya. Meskipun gonta-ganti kandang atapun gonta-ganti orang yang membawa kelapangan burung ini tetap mau bekerja maksimal dengan durasi yang panjang serta cengkok yang aduhai enak didengar. Perawatannya pun mudah, berikut perawatan kenari “Tektona” milik om iwan ;

  1. Perawatan Harian
  • Pagi Hari, Pukul 06.00 burung dikeluarkan untuk diangin-anginkan sambil dibersihkan sangkarnya, dan mengganti pakan serta minuman nya.
  • Pukul 07.00 burung diberikan Cepuk besar untuk mandi (Jika tidak mau mandi biarkan saja, jangan dipaksa semprot).
  • Pukul 08.00 burung diberikan pakan tambahan (EF) berupa Sawi Hijau, Sawi Putih, dan Salada dimana pemberian tersebut dilakukan selang seling, sebelum diberikan biasanya dibersihkan terlebih dahulu, dan kemudian ditempatkan ditempat yang teduh atau tidak terkena matahari, dan dibiarkan saja tanpa harus di krodong.
  • Setiap hari nya Kenari “Tektona” ini tidak pernah dikrodong (dikrodong jika ingin dibawa kelapangan saja).

 

  1. Perawatan Lomba
  • Mulai H-1 burung diasingkan dengan burung lain. Dan diberikan EF tambahan berupa Apel Merah yang sudah dipotong ukuran kecil, dimalam hari nya sekitar pukul 19.00 burung diamandikan dengan cara disemprot alus saja.
  • Rutinitas pagi nya tetap sama seperti harian, dan kemudian dikrodong hingga menuju kelapangan yang dituju.

 

Bukan hanya kenari “Tektona” saja, tetapi kenari lainnya yang dimiliki om iwan juga dilakukan hal yang sama seperti perawatan harian, hanya saja menurut om iwan harus tau betul karakter masing-masing kenari yang kita miliki sehingga kita bisa lakukan penyesuain jika ingin dibawa kelapangan. Bisik-bisik tentang kenari “Tektona”, ternyata waktu event B.M.W Master Cup 1 di ancol lalu sudah ada yang ingin meminangnya lohh sobat kicau, tetapi om iwan masih belum cocok dengan harganya. Nahh menurut om iwan nih sobat kicau, intinya adalah kesabaran dan ikhlas dengan apa yang kita lakukan terhadap burung kicau yang kita pelihara, jika mau instan pasti akan ada harga yang menjulang, untuk itu hoby harus dinikmati bukan dijadikan ambisi.

 

Redaksi :

www.tokoburungonline.com

 

 

Leave a Reply